Wednesday, April 20, 2011

TIPS BELANJA CERDAS ALA KITA

Belanja memang sudah menjadi kebiasaan yang tidak bisa hindari apalagi kaum wanita. Pada umumnya menurut mereka belanja dapat menjadi pelarian dari orang-orang yang stress/capek akan pekerjaan maupun masalah masing-masing alias refreshing. Belanja dapat membuat kita tidak sadar sampai uang di kantong kita benar-benar habis. Setelah sampai di rumah barulah kita pusing memikirkan pengeluaran yang tidak begitu penting. Nah, ini malah tidak membuat kita refreshing malahan kita makin stress memikirkan uang yang sudah habis berbelanja.
Berikut ada sedikit tips yang diberikan agar kita bisa berbelanja cerdas dan tidak menyesal belakangan :
  1. Buat daftar barang yang akan dibeli : daftar barang yang dibuat bertujuan agar pengeluaran kita sesuai dengan rencana.
  2. Patuh pada daftar : belilah hanya barang-barang yang ada di daftar belanjaan kita. Usahakan jangan sampai tergoda dengan barang-barang bagus yang tidak begitu penting, apalagi yang namanya "DISKON" besar-besaran.
  3.  Pilihlah tempat yang paling murah : jangan berbelanja di tempat-tempat yang mahal misalnya mall bergengsi atau lainnya. Usahakan carilah tempat yang menjual dengan harga grosiran tapi kualitas barangnya tetap sama.Tapi perhitungkan juga jarak tokonya dari rumah anda. Jangan karena murah tapi jaraknya jauh, malahan kita mahalnya diongkos bukan di barangnya.
  4.  Pakailah pakaian yang tidak terlalu mewah : biasanya penjaga toko akan meninggikan harga barangnya jika dia menganggap anda adalah orang kaya (dari cara berbusana anda). Ini cuma bagi toko yang barangnya price by request.
  5. Kebutuhan vs Keinginan : ingatlah bahwa kebutuhan selalu lebih penting dari keinginan. Jangan sekali-kali anda mendahulukan keinginan daripada kebutuhan. kecuali memang anda memiliki simpanan yang lebih.

Semoga tips di atas bermanfaat bagi anda semua. Selamat berbelanja......