Monday, March 7, 2011

AKTUARIS MASA DEPAN

Memilih suatu jenjang karir merupakan salah satu keputusan penting dalam kehidupan anda. Untuk dapat melakukan pilihan yang tepat, anda perlu mempertimbangkan dengan cermat serta memahami akan kemampuan, potensi dan kepentingan anda. Bagi anda yang memiliki kemampuan matematika serta naluri usaha dengan baik dan menginginkan jenjang karir yang sukses, sebaiknya memilih menjadi seorang aktuaris.

Seorang aktuaris adalah seseorang yang menganalisa dampak finansial saat ini terhadap hal-hal yang tidak pasti di masa yang akan datang dan oleh sebab itu ilmu aktuaria menyangkut pula, pertama persepsi realistis dari kemungkinan ketidak pastian tersebut dan kedua pengamatan yang mendalam dari dampak finansial saat ini.

Dengan demikian, seorang aktuaris adalah seorang bisnis profesional yang terampil dalam menerapkan matematika ke dalam masalah keuangan. Seorang aktuaris dapat menciptakan atau mengatur suatu program untuk mengurangi kerugian finansial sebagai akibat dari ketidak pastian dalam hubungannya dengan kehidupan dan kesehatan seseorang atau dalam hal terjadinya musibah seperti kebakaran ,kerusakan, gempa bumi, banjir, dan lain lain.
Seorang aktuaris menerapkan pengetahuan yang spesifik ke dalam masalah-masalah dalam bidang keuangan, statistik dan teori risiko yang dihadapi oleh:
·         perusahaan asuransi                            
·         dana pensiun
·         program-program sosial
·         perorangan

Secara umum, para aktuaris mempunyai spesialisasi dalam bidang:
·         asuransi jiwa
·         anuitas
·         asuransi kepemilikan dan kecelakaan
·         pengelolaan dana pensiun
·         program-program kesejahteraan pegawai lainnya
·         saksi di pengadilan tentang kehilangan pendapatan di masa depan, atas kerugian nilai ekonomi

KESEMPATAN KERJA
Permintaan akan aktuaris sangat besar dalam hampir semua sektor usaha. Terutama, permintaan untuk para aktuaris dalam sektor asuransi diperkirakan akan tetap tinggi. Hal ini disebabkan oleh ketentuan-ketentuan yang diatur dalam undang-undang serta peraturan baru.
Kesempatan kerja sebagai aktuaris pada umumnya tersedia di bidang-bidang berikut ini :
·         Perusahaan asuransi jiwa, kesehatan, kepemilikan, kecelakaan dan sosial;
·         Perusahaan konsultan aktuaria dan program kesejahteraan karyawan;
·         Organisasi Dana Pensiun;
·         Pemerintahan
·         Universitas

Di masa depan, para aktuaris akan terlibat juga dalam sektor-sektor berikut ini:
·         Organisasi jasa kesehatan
·         Kantor penilaian asuransi kecelakaan;
·         Perusahaan akuntansi umum;
·         Perusahaan-perusahaan industri besar;
·         Yayasan sosial;
·         Serikat Buruh;

DIMANA PARA AKTUARIS BEKERJA?
Berikut ini contoh-contoh pekerjaan yang dilakukan oleh seorang Aktuaris dalam beberapa bidang bisnis.
1.    Aktuaris di perusahaan asuransi jiwa,kesehatan dan kecelakaan.
Sebagai seorang aktuaris perusahaan asuransi jiwa atau kesehatan, mempunyai tanggung-jawab yang meliputi:
·         Mengamati harapan hidup manusia akibat dari penurunan tingkat kesehatan - Menerapkan model matematika terhadap masalah-masalah di perusahaan asuransi
·         Ikut serta dalam berbagai aspek perencanaan perusahaan, seperti peleburan atau pembelian perusahaan;
·         Rencana pengembangan usaha dalam membuka cabang -cabang baru;
·         Mengembangkan sistem pembagian komisi;
·         Memahami manfaat-manfaat yang diberikan oleh produk-produk baru asuransi;
·         Mengenali keuntungan dari suatu kontrak asuransi baru;
·         Memastikan bahwa perusahaan anda memiliki persediaan dana yang cukup untuk membayar anuitas dan klaim yang diajukan
·         Memegang peran utama dalam proses pengambilan keputusan perusahaan;
·         Mempersiapkan laporan keuangan perusahaan;
·         Mempelajari beberapa tarif asuransi berdasarkan pengalaman, seperti tarif asuransi mobil atau tarif asuransi kepemilikan rumah;
·         Melakukan penelitian tentang model dan metode statistik yang baru untuk memperkirakan klaim

2.    Aktuaris dalam perusahaan jasa konsultan
Para Aktuaris yang bekerja sebagai konsultan memberikan jasa konsultasi aktuaria dengan menerima uang jasa sebagai imbalannya, dari berbagai macam nasabah. Nasabah-nasabah konsultan aktuaria terdiri dari perusahaan Asuransi, Dana Pensiun, Rumah Sakit, Serikat Pekerja, Pemerintah dan Gabungan Serikat Pekerja dan Pengusaha.
Sebagai seorang konsultan aktuaria, anda mungkin bekerja pada perusahaan besar dengan banyak kantor cabang diseluruh daerah dengan tugas merancang program kesejahteraan karyawan. Anda dapat juga mendirikan perusahaan konsultan dan bekerja sebagai aktuaris independen . Sebagai konsultan independen, suatu saat anda dapat dipanggil untuk memberi kesaksian di pengadilan mengenai nilai kerugian yang potensial sebagai akibat cacat atau meninggal dalam kecelakaan. Atau anda mungkin diminta untuk menunjukan bukti bagaimana tarif asuransi ditentukan. Seperti halnya seorang dokter yang mendalami bidang obat obatan, demikian juga aktuaris dapat menjadi ahli dalam bidang program pensiun, asuransi jiwa, kesehatan, atau asuransi bukan jiwa.
3.    Aktuaris dalam pemerintahan
Sebagai aktuaris dalam pemerintahan, anda mempunyai peluang kerja diberbagai departemen naga Kerja, Departemen Kesehatan dan Biro Pusat Statistik. Selaku aktuaris pemerintahan, anda mempunyai tugas dalam pembinaan dan pengawasan perusahaan asuransi serta peseperti; Departemen Keuangan dalam direktorat Asuransi atau Pensiun, Departemen Tengawasan pelaksanaan dana pensiun. Anda dapat juga diminta memberikan saran dalam penyusunan undang-undang atau peraturan dibidang asuransi.